Beranda | Artikel
Mendoakan Non Muslim di Hari Raya Mereka
Rabu, 11 Desember 2013

Kita sudah tahu bahwa mengucapkan selamat pada non muslim di hari raya mereka adalah suatu hal yang terlarang. Namun bagaimana jika hanya sekedar mendoakan kebaikan semisal, “Semoga engkau berada dalam kebaikan“. Apakah seperti itu dianggap seperti mengucapkan selamat?

Syaikh Sholeh Al Munajjid hafizhohullah mengatakan bahwa hal tersebut termasuk dalam mengucapkan selamat jika berpapasan dengan hari raya mereka. Namun jika hal tersebut disampaikan di selain hari istimewa mereka dengan tujuan mendakwahi mereka atau mengharap mereka masuk Islam, maka seperti itu tidaklah mengapa.

Ada hadits dari Abu Musa bahwa ada orang-orang Yahudi yang pernah bersin di samping Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, mereka berharap supaya Nabi mendoakan “yarhamukumullah” (semoga Allah merahmati kalian). Namun ketika mendengar bersin tersebut, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas mengucapkan “yahdikumullah wa yushlih baalakum” yaitu semoga Allah memperbaiki kondisi kalian (supaya dapat hidayah). (HR. Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi, shahih kata Syaikh Al Albani dalam Al Irwa’)

Penulis ‘Aunul Ma’bud mengatakan bahwa jangan mengucapkan yarhamukumullah karena rahmat hanyalah khusus pada orang beriman. Yang didoakan adalah meminta supaya orang kafir tersebut dapat hidayah untuk beriman.

Jadi mendoakan orang kafir supaya mendapatkan hidayah iman adalah suatu hal yang disyariatkan dalam Islam.

Referensi:

Fatwa Syaikh Sholeh Al Munajjid no. 90222 (http://islamqa.com/ar/90222)


Disusun di Wonosari, Gunungkidul, 8 Safar 1435 H

Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel Muslim.Or.Id

🔍 Penggugur Dosa, Doa Mohon Diberi Petunjuk, Apa Itu Tumaninah, Perlukah Imunisasi Pada Bayi


Artikel asli: https://muslim.or.id/19214-mendoakan-non-muslim-di-hari-raya-mereka.html